Pengalaman Gue Buat SIM

Sumber: gedangsari.com
Gue bakal berbagi pengalaman pertama kalinya buat SIM. Blogger, ternyata buat SIM sendiri tuh gak sulit lho. Gak seperti anggapan banyak orang yang bilang kalo buat SIM itu, lo harus nyiapin duit banyak padahal kenyataannya kalo lo buat secara manual (red: jujur) cuman ngabisin sekitar 25% dari biaya kalo kita pake jasa 'calo'.

Gue inget waktu itu hari sabtu tanggal 10 Januari 2015, gue bangun pagi banget padahal itu hari sabtu, saking semangetnya mau buat SIM. Gue ibadah, mandi, sarapan.

Sebelum berangkat gak lupa dong gua minta restu orang tua supaya sekali tes langsung lolos. Karena gue mau mematahkan pendapat orang-orang, kalo buat SIM tuh gak bakal dilolosin kalo cuman sekali coba, harus berkali-kali. Supaya ujung-ujungnya kita nyerah dan pake jasa 'calo'. “STOP PAKAI CALO” itu prinsip gue.

Keluarin motor-panasin-cabut. Sampai akhirnya gue di stasiun Pondok Ranji. Oh iya, gue berdomisili di Tangerang selatan, jadi gue buat SIM-nya di satpas Serpong. Kalo berdomisili di Jakarta setau gue di Daan Mogot, dan untuk domisili yang lain gue kurang tau, tanya sendiri deh ya, yang pasti sesuai KTP lo buatnya. Sembari nunggu KRL-nya dateng, gak lupa gue baca-baca tentang marka jalan sama rambu-rambu lalu lintas. Pokoknya gue lahap semua artikel tentang ujian SIM deh.

Akhirnya gue sampe di stasiun tujuan, stasiun Serpong. Berbekal googling dari internet dan tanya sana-sini gue pun melangkah menuju satpas Serpong tempat gue buat SIM. Lumayan jauh kalo lo jalan dari stasiun, sekitar 1-2 KM. Tapi kalo gak mau capek lo bisa naik angkot 3A. Bilang aja turun di satpas.
Sumber: kabartangsel.com


Hal pertama yang pengen gue buktiin pas sampe di satpasnya itu, bener gak sih ada ‘calo’ disana, berapa tarifnya dan bagaimana prosesnya. Dan ternyata blogger, gak ada satupun dari mereka-mereka itu yang ngedatengin gue. Yah sekedar basa-basi lah buat nawarin jasanya. Ntah karena bersih dari ‘calo’ atau emang tampang gue yang gak ngejamin buat dijadiin ‘objek’ duit mereka (sial).

Pertama gue diarahin ke ruangan untuk cek kesehatan. Namanya doang cek kesehatan padahal kita cuman diminta fotokopi KTP 4 lembar (buat jaga-jaga siapin aja yang banyak), mau buat SIM A atau C, sama bayar 20rb. Lanjut, gue ke loket asuransi yang ada disebelahnya, bawa berkas dari kesehatan tadi dan bayar lagi dah 30rb, itu dapet kartu asuransi kecelakaan kendaraan bermotor. Terus ke loket sebelah nya kasih semua berkas tadi buat dapetin formulirnya (siapin pulpen dari rumah, kalo beli di sini mahal) bayar registrasi SIM C 100rb.

Abis nyerahin formulirnya, gue nunggu dipanggil buat ujian tulis. “Bapak Surya”. Dalem hati gue ‘buset dah tampang keren gini dipanggil Bapak’. Gue pun diarahin ke suatu ruangan yang disitu udah ada beberapa orang yang lagi ujian tulis juga. Gue dikasih soal paket 8 dan isinya gak jauh dari apa yang gue baca di internet. Dari 20 menit waktu yang dikasih gue bisa nyelesain kurang lebih 12menit. Terus gue kumpulin dan disuruh majulah sama bapak pengawasnya. Ternyata transparan sekali sistemnya karena kita dikasih lihat kunci jawabannya. Jadi, gue ngoreksi bareng sama bapak pengawas itu. Dan, alhasil perjuangan gue gak sia-sia, ‘lulus’. yah meski nilai gue pas standar lulusnya “18”.

Gue disuruh nunggu lagi tapi di luar bareng peserta lain buat ujian praktiknya. Berhubung hari sabtu jadi raaaaameeeee banget yang nunggu. Berjam-jam gue nunggu dipanggil lama banget sob. Ada kali gue nunggu 3 jam. Ngalor ngidul, cari makan sampe kira-kira jam 12.30 keluarlah bapak polisi yang ngarahin peserta ujian praktik buat ke ‘arena’.

Total ada 9 orang yang bakal ngikutin tes bareng gue. Pertama kita di arahin tentang mekanisme ujiannya. Gak boleh jatohin ‘patok’ sama kaki gak boleh turun satu kalipun. Dan motor yang digunain adalah motor bebek, bukan metic ataupun kopling. Oh iya, ada 3 rintangan disini. Pertama jalan lurus, terus bentuk angka 8 sama belok zig-zag. Satu persatu dipanggil, rata-rata gagal di belokan zig-zag (yaiyalah, sempit banget). Begitupun gue. Jatohin satu ‘patok’ di rintangan zig-zag. Padahal tinggal dikit lagi finish, ahh sial. Dari semua peserta cuman satu yang berhasil.

Alhasil kita disuruh ngulang lagi 2 minggu kemudian. Dengan muka mesem gue balik lagi deh ke stasiun, pulang.


Oke blogger itu pengalaman gue buat SIM untuk pertama kalinya. Gue masih kurang beruntung kali ini. Tapi gue gak boleh nyerah. Prinsip ‘STOP PAKAI CALO’ bakal terus gue pegang. Mungkin kalo udah berhasil bakalan gue update postingan gue beserta foto SIM-nya. HAHAHA.

Komentar